Kamis, 21 Maret 2019

Teks Prosedur

Struktur Teks Prosedur Beserta Pengertian, Jenis, Ciri , dan Kaidahnya

  • 14
     
  • SaveTeks Prosedur Kompleks – Pada artikel ini akan dipaparkan mengenai bahasa yang menjadi salah satu materi sekolah mata pelajaran bahasa Indonesia yakni materi teks prosedur. Apa sih teks prosedur ituUrutan-urutan dalam melakukan aktivitas maupun membuat sesuatu disebut dengan teks prosedur. dibawah ini akan lebih dijelaskan lagi mengenai teks prosedur  yang meliputi: pengertian teks prosedur, ciri-ciri teks prosedur, struktur teks prosedur, jenis-jenis teks prosedur , kaidah teks prosedur serta teks prosedur kompleks.

Pengertian Teks Prosedur

Teks prosedur adalah suatu  paragraf yang memuat tentang langkah-langkah atau Teks prosedur urutan-urutan membuat sesuatu atau melakukan aktivitas tertentu dengan maksud mencapai apa yang diinginkan. Dengan adanya langkah-langkah dapat mempermudah pembaca dalam menyelesaikan sesuatu dengan baik. Sehingga dalam pembuatan langkah-langkah harus detail dan menggunakan kata-kata yang mudah dipahami oleh pembaca. Selain itu, langkah-langkah tidak dapat dilakukan secara acak, melainkan berurutan sesuai dengan langkah-langkah urutan yangtelah dibuat.

Struktur Teks Prosedur

Untuk membuat prosedur harus menggunakan struktur teks prosedur kompleks yang terdiri dari 3 bagian yakni bagian tujuan, bagian material dan bagian langkah-langkah, berikut dibawah ini akan dijelaskan mengenai stuktur teks prosedur diantaranya yakni:
  1. Bagian tujuan
Pada bagian ini, menuliskan apa tujuan dari langkah-langkah yang akan dibuat atau hasil akhir yang akan diwujudkan pada teks prosedur tersebut.
  1. Bagian material
Pada bagian ini dijelaskan apa saja alat dan bahan dalam proses membuat sesuatu yang diinginkan, atau apa-apa saja keperluan yang harus dipersiapkan sebelum memulai langkah-langkah yang telah dibuat.
  1. Bagian langkah-langkah adalah pada bagian ini merupakan langkah-langkah atau urutan-urutan dalam melakukan sesuatu yang ingin dicapai, dan pada bagian ini langkah-langkah harus urt tidak boleh di acak.
Mengapa struktur teks prosedur harus digunakan? Karena untuk memudahkan pembaca dalam menirukan langkah-langkah yang telah dibuat, sehingga pertama dipaparkan apa tujuan membuat langkah-langkah, lalu mempersiapkan alat dan bahan agar saat praktek tidak kebingungan mencari alat dan bahan, sehingga dengan kesiapan material akan mudah melakukan langkah-langkah dengan baik. Dengan adanya struktur teks prosedur, paragraf yang dibuat akan memiliki satu kesatuan.

Ciri-ciri Teks Prosedur

Berikut dibawah ini akan disebutkan ciri-ciri teks prosedur yang tidak dimiliki oleh teks-teks lainnya diantaranya sebagai berikut:
  1. Teks prosedur menggunakan kata perintah yakni suatu kalimat yang bermaksud memrintah pembaca untuk melakukan apa yang diperintahkan oleh langkah-langkah tersebut.
  2. menggunakan kata penghubung yakni kata penghubung seperti setelah itu, kemudian, pertama, kedua, selanjutnya, akhirnya dan lain sebagainya.
  3. Menyebutkan waktu dan tempat serta langkah-langkah yang akurat
  4. Teks prosedur menggunakan kata kerja aktif

Jenis-Jenis Teks Prosedur

Dibawah ini akan disebutkan apa saja jenis-jenis teks prosedur, yaitu teks prosedur sederhana, teks prosedur kompleks dan teks prosedur protokol, diantaranya sebagai berikut:
  1. Teks prosedur sederhana
Teks prosedur sederhana adalah langkah-langkah yang hanya berisi tiga sampai empat langkah seperti cara menghidupkan televisi, cara membuat teh hangat, cara mengganti wallpaper handphone, cara menanak nasi, cara menyalakan lampu tidur, cara membuka pintu, cara membersihkan sepatu, cara membuat kopi dan  lain sebagainya
  1. Teks prosedur kompleks
Teks prosedur kompleks adalah langkah-langkah yang berisi banyak langkah seperti cara membuat pop art bentuk kue tart, cara membuat batik tulis dengan pewarna remasol, cara membuat rumah susun, cara membuat rak buku, cara membuat desain logo sekolah, cara membuat sayur sop, cara merajut tas dan lain sebagainya.
  1. Teks prosedur protokol
Teks prosedur protokol adalah langkah-langkah yang mudah dimengerti dan sederhana. Seperti cara menghidupkan handphone, cara membersihkan karpet, cara menyalakan sepeda motor, menghidupkan VCD, memakai kaos kaki, memandikan kelinci dan lain sebagainya.

Kaidah Teks Prosedur

Dibawah ini akan dipaparkan kaidah teks prsedur sebagai berikut:
  1. konjungsi temporal yakni kata penghubung yang menjadi lanjutan urutan langkah demi langkah.
  2. kata kerja imperatif yakni kata perintah atau kata larangan yang harus ditaati dalam melaksanakan prosedur yang telah dibuat.
  3. verba material dan tingkah laku yakni tindakan yang dilakukan berupa fisik seperti menggunting kertas, sedangkan tingkah laku yakni tindakan yang dilakukan dengan ungkapan.
  4. partisipan manuasia yakni manusia yang terlibat dalam prosedur tersebut.
  5. terdapat bilangan sebagai penanda tanda urutan.
  6. terdapat kalimat berisikan pernyataan.

Contoh Teks Prosedur Kompleks

Cara membuat rak buku
Tujuan :
Untuk tempat berbagai buku, agar tidak berantakan maka pada prosedur ini akan dipaparkan mengenai cara membuat rak buku yang dapat membangkitkan semangat dengan warna-warna yang cerah, berikut di bawah ini:
Alat dan bahan :
  1. palu untuk memukul paku untuk menggabungkan kayu randu satu dengan yang lain.
  2. paku besar untuk menyatukan kayu randu membentuk rak buku.
  3. Gergaji untuk memotong kayu randu.
  4. penggaris siku-siku untuk menyikukan kayu randu ketika menyatukan dengan randu lain, agar kayu tidak miring.
  5. kayu randu sebagai bahan utama dalam membuat rak buku.
  6. pensil sebagai penanda agar mudah memotong kayu randu dan untuk mendesain.
  7. kertas sebagai desain rak buku.
  8. cat kayu warna putih, biru dan kuning untuk memperindah rak buku.
  9. amplas untuk menghaluskan kayu randu yang tidak rata.
  10. kayu persegi panjanag untuk alas kayu randu agar mudah dipotong.
  11. Kuas besar untuk membersihkan sisa-sisa amplasan kayu randu.
  12. Kuas kecil untuk mengoleskan cat pada rak buku yang sudah di amplas.
  13. Alat pasang rak buku sebagai alat bantu untuk memasangkan rak buku pada tembok.
Langkah-langkah :
  1. Desain terlebih dahulu bentuk rak buku yang diinginkan.
  2. Lalu Ukur kayu randu sesuai yang dibutuhkan.
  3. Setelah itu potong kayu randu sesuai ukuran yang telah diukur sebelumnya.
  4. Mulai memasang kayu randu dengan lainnya secara satu persatu sesuai desain yang telah dibuat.
  5. Jika sudah selesai, maka amplas permukaan kayu randu hingga halus seluruhnya tanpa terkecuali.
  6. Kemudian bersihkan dengan kuas besar agar di setiap sudut rak buku tidak terdapat debu, karena jika terdapat debu maka ketika di cat debu akan nampak dan terlihat tidak rata.
  7. Cat warna biru di tempat yang diinginkan.
  8. Setelah itu cat warna kuning ditempat yang diinginkan, cat warna putih sebagai finishing.
  9. Pasang alat pasang rak buku pada bagian atas rak buku
  10. Rak buku siap digunakan.

0 Comments:

Posting Komentar