Kamis, 16 Mei 2019

Stokiometri

Stoikiometri

Selamat Datang! Ini adalah langkah awal kamu belajar kimia online!

Semakin kamu belajar, kamu akan merasakan bahwa kamu sudah mulai mengalami perkembangan. Di halaman ini, kamu akan belajar mengenai materi stoikiometri. Dilihat dari definisinya, stoikiometri adalah cabang kimia yang berhubungan dengan hubungan kuantatif yang ada antara reaktan (pereaksi) dengan produk yang terjadi pada reaksi kimia.
Ketika kamu masuk ke dalam bab stoikiometri, itu artinya kamu akan semakin aktif untuk meneliti mengenai reaksi kimia dan produk yang dihasilkannya. Mengapa harus mempelajari stoikiometri kimia? Nyatanya, perhitungan ini banyak dipergunakan sebagai dasar dalam perhitungan yang dilakukan dalam penelitian.
Untuk itu, kamu tidak bisa menganggap remeh materi stoikiometri ini. Selain itu, di materi ini, kamu akan mulai aktif melakukan perhitungan dalam pelajaran kimia. Beberapa materi yang akan dibahas dalam stoikiometri antara lain tata nama senyawa, persamaan reaksi, hukum dasar, stoikiometri senyawa, dan stoikiometri reaksi. Apa saja maksudnya? Mari dipelajari!

1. Tata Nama Senyawa

Materi pertama yang bisa kamu pelajari di sini adalah tata nama senyawa. Di dalam ilmu kimia, tata nama senyawa didefinisikan sebagai sebuah sistematika penamaan dari suatu senyawa. Ada sebuah susunan tertentu yang memudahkan peneliti atau analis membedakan antara satu senyawa dengan senyawa lainnya.
Di dalam materi tata nama senyawa, kamu akan mengenali 2 jenis senyawa yaitu senyawa ionik, senyawa molekular, dan senyawa ion poliatomik. Senyawa ionik didefinisikan sebagai senyawa yang terbentuk dari kation (ion positif) dan anion (ion negatif), contohnya kation litium atau anion nitrida.
Senyawa molekular dapat dijelaskan sebagai senyawa yang tersusun atas unsur-unsur non-logam, seperti karbon dioksida. Selanjutnya, senyawa ion poliatomik adalah senyawa yang penamaannya dimulai dari ion positif (kation) ke ion negatif (anion), contohnya Sulfat atau Hidrogen Fosfat.
Selain itu, kamu juga belajar mengenai penamaan asam dan basa? Apa maksudnya? Untuk memahami kedua materi tersebut, Wardaya College memberikan penjelasan materi dalam bentuk video pembelajaran. Selain itu, kamu juga akan disuguhkan dengan contoh soal stoikiometri dengan 3 tingkat kesulitan.

2. Persamaan Reaksi

Setelah materi tata nama senyawa, kamu akan berlanjut untuk mempelajari materi lainnya, yaitu persamaan reaksi. Di dalam pelajaran kimia, persamaan reaksi adalah sebuah persamaan yang menjelaskan mengenai hubungan perubahan zat sebelum dan sesudah mengalami perubahan, baik hubungan kualitatif maupun kuantitatif. Persamaan reaksi pertama kali dibuat oleh seorang ahli kimia bernama Jean Beguin pada 1615.
Di dalam melakukan persamaan reaksi, ada aturan-aturan yang harus kamu pahami. Pereaksi dan produk reaksi dihubungkan melalui simbol yang berbeda-beda. Reaksi searah dilambangkan dengan simbol →, reaksi dua arah dilambangkan dengan simbol ⇆, dan reaksi kesetimbangan dilambangkan dengan simbol ⇌.
Itu baru sedikit dari ilmu persamaan reaksi  di dalam kimia. Kamu masih bisa mendapatkan materi yang lebih lengkap di Wardaya College. Ada banyak video yang akan menjelaskan kepada kamu seluk beluk persamaan reaksi. Selain itu, kamu juga bisa mengakses contoh soal persamaan reaksi yang ada di Wardaya College

3. Hukum-Hukum Dasar

Dalam materi stoikiometri, kurang pas rasanya jika belum mempelajari mengenai hukum-hukum dasar yang dipakai dalam menjalankan praktek kimia. Di dalam materi ini, kamu akan mengenal dan mempelajari beberapa hukum dasar kimia yang diutarakan oleh para ahli. Beberapa hukum yang dipelajari adalah hukum Lavoisier tentang kekekalan masa dan hukum Proust tentang hukum perbandingan tetap.
Selain dua hukum dasar tersebut, ada beberapa hukum yang juga harus kamu pelajari, yaitu hukum Dalton, hukum Gay Lussac, dan Hukum Avogadro. Hukum Dalton membahas mengenai hukum perbandingan berganda. Hukum Gay Lussac menyatakan bahwa pada suhu dan tekanan yang sama, volume gas dan hasil reaksi berbanding sebagai bilangan bulat. Hukum Avogadro menyatakan pada suhu dan tekanan yang sama, gas yang bervolume sama memiliki jumlah molekul yang sama.
Untuk semakin memperdalam mengenai materi hukum-hukum dasar ini, kamu bisa mengakses video pembelajaran yang ada di Wardaya College. Video yang dibuat interaktif pastinya akan membuatmu memahami hukum-hukum tersebut. Selain itu, kamu bisa mengerjakan contoh soal yang sudah disiapkan oleh Wardaya College.

4. Stoikiometri Senyawa

Selanjutnya, kamu bisa mempelajari mengenai stoikiometri senyawa sebagai pembelajaran berikutnya. Di dalam ilmu kimia, stoikiometri senyawa adalah sebuah hubungan kuantitatif yang ada di dalam suatu senyawa, terutama unsur-unsur yang terdapat di dalamnya. Perhitungan ini digunakan dalam bidang analitis yang terdapat pada lembaga pendidikan maupun industri.
Di dalam materi ini, kamu akan mempelajari beberapa hal, yaitu konsep mol, rumus empiris & rumus molekul, dan kadar unsur dalam senyawa. Untuk kamu ketahui, di dalam materi stoikiometri senyawa ini kamu akan menemukan rumus-rumus stoikiometri yang dipakai dalam setiap pembelajaran, terutama dalam konsep mol.
Bagaimana aplikasi dan pengerjaan rumus terhadap soal? Tentunya, kamu bisa dapatkan semua itu dalam bentuk video pembelajaran di Wardaya College. Kamu akan diberikan metode terbaik untuk mengaplikasikan rumus dan menjawab soal. Selain itu, kamu tidak perlu lagi mencari soal untuk dikerjakan karena Wardaya College sudah memberikan contoh soal stoikiometri senyawa untuk kamu.

5. Stoikiometri Reaksi

Setelah stoikiometri senyawa, kamu bisa beralih ke materi selanjutnya yaitu stoikiometri reaksi. Berbeda dengan stoikiometri senyawa, stoikiometri reaksi didefinisikan sebagai sebuah hubungan kuantitiatif yang ada antara pereaksi dan produk di dalam suatu reaksi kimia. Lagi-lagi, materi ini bisa menjadi materi pendukung penelitian kimia yang kamu lakukan.
Dalam mempelajari materi ini, ada 4 pembahasan yang akan kamu terima, yakni hitungan kimia sederhana, pereaksi pembatas, reaksi campuran, dan persentase yield. Hitungan kimia sederhana meliputi perhitungan masa dan volume molar. Pereaksi pembatas menjelaskan mengenai pereaksi yang habis terlebih dahulu. Reaksi campuran didefinisikan sebagai reaksi yang dialami suatu senyawa dalam campurannya. Persentase Yield adalah persentase yang didapatkan dalam suatu eksperimen.
Ingin mendapatkan gambaran yang lebih jelas? Kamu perlu mampir ke Wardaya College. Ada banyak video interaktif yang akan memberikan jawaban dari pertanyaanmu seputar stoikiometri reaksi. Selain itu, kamu bisa mulai latihan dengan contoh soal stoikiometri reaksi yang diberikan oleh Wardaya College.
Di dalam kimia, Stoikiometri kimia merupakan salah satu materi yang amat penting untuk kamu pelajari. Banyak hukum dan perhitungan dasar kimia yang harus kamu pelajari dan pastinya akan kamu aplikasikan di materi-materi selanjutnya. Jika kamu tidak mempelajarinya, tentunya kamu akan mengalami kesulitan di materi ke depannya.
Oleh sebab itu, kamu tidak bisa melewatkan materi ini begitu saja. Kamu bisa mulai belajar bersama konten-konten kimia yang ada di Wardaya College. Wardaya College menyiapkan materi-materi yang dikemas dengan interaktif dan mudah dipahami. Selain itu, kamu akan diberikan pemahaman lebih lewat contoh soal stoikiometri yang dibuat dalam 3 tingkat kesulitan. Tak sampai di situ, kamu bisa mengakses semuanya dengan GRATIS!
contoh soal stoikiometri

0 Comments:

Posting Komentar